Niat Beli Produk Kosmetik yang Dipengaruhi Promosi Media Sosial dan Electronic Word of Mouth (E-WoM)

  • Etik Prihatin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Alfira Ahmad Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Muh. Haerdiansyah Syahnur Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemasaran media sosial dan elektronik word of mouth terhadap niat minat beli. Metodologi penelitian ini menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari kuesioner dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia. Pada penelitian ini sampalnya terdiri dari seluruh mahasiswa angkatan 2019. Sampel sebanyak 88 siswa dipilih secara acak dengan menggunakan teknik accidentalsamplinguntuk menentukan besarnya sampel. Pengolahan data dilakukan dengan aplikasi SPSS, digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, regresi linier berganda, uji F dan uji T, serta analisis koefisien determinasi. data. Berdasarkan temuan penelitian ini, promosi media sosial berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap niat beli, dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap niat beli.

Keywords: Promosi Media Sosial, EWOM, Minat Beli

References

Ajay Kalra and Ronald C. Goodstein, The Impact Of Advertising Positioning Strategies On Consumer Price Sensitivity, Journal Of Marketing Research,Vol. XXXV, 1998.
Antin Rakhmawati, Muhammad Nizar, & Kholid Murtadlo. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WWOM) dan Viral Marketing Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.35891/jsb.v6i1.1584
Assael H, (2001), Consumen Behavior and Marketing Action, Edisi 3, Kent Publishing Company, Boston Massachusset,AS.
Ayunita, & Musikita, S. M. W. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Online ShopThyy Thyy) Di Kota Sorong. Jurnal BADATI Ilmu Sosial & Humaniora, 4(1), 42–53.
Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kota Batam. Journal Of Management, Accounting, Economic and Business, 1(02), 15.
Cheung, C. M., Lee, M. K., & Rabjohn, N. (2008). The impact of electronic word- of-mouth: the adoption of online opinions in online customer communities. Internet Research, 229-247.
Citra Sugianto Putri (2016). “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1 No. 5 Desember, Surabaya.
Danang & Astri (2018). (2018). the Influence of Promotion Through Social Media Instagram To. 4(3), 1209–1218.
Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Desertasi Doktor, BP UNDIP
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendra Teguh, edisi ketigabelas, jilid satu dan dua, Penerbit : Prenhalindo, Jakarta.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52.
Jamilah, M., & Lutfie, H. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cv Sly E-Liquid. E-Proceeding of Applied Science, 6(2), 1334–1340.
Kotler, Philip dan Gerry Armstrong. (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip and Armstrong, G., (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (Global Edition). Harlow: Pearson Education Limited.
Lupioadi Rambat, Hamdani. A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
Nestri, M., & Zhari, S. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH ( e-WOM ) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MARKETPLACE LAZADA.
Maria Goreti usboko. (2018). No Gastrointestinal Endoscopy, 10(1), 279–288. http://dx.doi.org/10.1053/j.gastro.2014.05.023%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.g ie.2018.04.013%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29451164%0Ahttp ://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC5838726%250 Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.gie.2013.07.022%250
Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451
Mustapa, A., Patricia, D. P., & Leonardo, B.H. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk, dan keragamaan produk sparepart toyota terhadap minat beli ulang konsumen dengan kepuasaan pelanggan sebagai variabel. Journal of Management Universitas pandanaran 4 (4): 1-17.
Pamungkas, B. A. (2017). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518.
Raheni, C. (2018). The Effect Of Social Media On Consumer Buying IPengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 82–85. http://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM
Ramlawati, R., Syahnur, M. H., & Bahari, A. F. (2022). Company’s Performance as Measured by the Application of Big Data Analysis Capabilities for Customers. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 9(1), 109-126.
Sari, W. (2017). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth, Electronic Service Quality, dan Country of Origin terhadap Repurchase Intention pada Qlapa.Com. Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. UIN Syarif Hidayatullah.
Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi pada Wisata
Coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 189– 196.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/vie w/2231
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.
Sari, F., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Studi pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 189– 196.http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/vie w/2231
Serang, S., Ramlawati, R., & Syahnur, M. H. (2022). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Transportasi Online di Kota Makassar). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2310-2319. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.845
Simanjuntak, I. I. (2021). PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KEDAI. 2(2), 167–173.
Sisnuhadi, S., & Sirait, S. K. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 45 .https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.371
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung, Alfabeta.
Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 53. https://doi.org/10.33603/jibm.v3i1.2086
Taungke, G. S., & Sunarti. (2020). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Erigo di Akun Resmi Instagram Erigo). Jurnal Administrasi Bisnis, 78(1), 209–218.
Thurau, Thorsten, Kevin P. Gwinner, Gianfranco Walsh, and Dwayne D. Gremler. 2004. Electronic Word-of-Mouth Via Consumer- Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing, Vol. 18(1):38-52.
Triasih, R. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Social Media Dan Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Melakukan Pembiayaan (Studi Pada Nasabah Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Chandra). UIN Raden Intan Lampung.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-02-20

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.