Efek Lokasi dan Persepsi Merek Pada Keputusan Untuk Membeli Produk

  • Muhammad Idris Program studi Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Baso Amang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia

Abstract

Investigasi ini berupaya menentukan besarnya pengaruh lokasi dan citra merek pada pembelian produk. Investigasi difokuskan pada pelanggan McDonald's Cabang Pettarani, Kota Makassar. Dalam penyelidikan ini, variabel yang dianggap independen adalah lokasi dan citra merek, sedangkan variabel yang dianggap tergantung adalah keputusan konsumen untuk membeli. Studi ini terutama merupakan studi kuantitatif yang mencakup populasi 114.953 konsumen selama tahun pertama semester 2022. Ukuran sampel dihitung menggunakan rumus slovin; 100 responden digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi dan gambar merek memiliki dampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian. Bahwa semakin baik lokasi dan citra makanan yang disediakan, semakin baik keputusan pembelian akan meningkat.

Keywords: Lokasi, Citra Merek, Keputusan Pembelian

References

Dianah, N., & Welsa, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen, 7(1), 16-26.

Dedhy Pradana, S. H. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan citra merek Brand Image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 18.

Gultom, P. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Quality Fried Chicken Jalan Ismaliyah Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya: Penelitian Ilmu Manajemen, 6(1), 44-53.

Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal Of Economic, Management, Accounting And Technology, 4(1), 43-54.

Permana, S. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Ambassador Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Relic Syndicate Draft Skripsi (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas Bandung).

Syehabudin, A. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Hoax Cuiiiih Bandung (Suatu Survey Pada Konsumen Distro Hoax Cuiiiih Bandung) (Doctoral Dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas Bandung).

Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798-807.

Zamroni, Afif. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pepsodent Pada Konsumen Indomaret Plus Di Jalan M. Yamin Samarinda.” Ilmu dan Riset Manajemen 6(3): 1–16.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-01
How to Cite
Idris, M., Amang, B., & Serang, S. (2023). Efek Lokasi dan Persepsi Merek Pada Keputusan Untuk Membeli Produk. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(2), 2119-2128. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1206

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.