PENERAPAN BAURAN PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF SYARIAH ISLAM

  • Asrizal Efendy Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Linzzy Pratami Putri Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rini Astuti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis  bauran  pemasaran produk, harga, tempat/distribusi dan promosi terhadap loyalitas pelanggan dan  menganalisis apakah bauran tersebut sesuai dengan syariat Islam. Populasi penelitian adalah semua konsumen yang pernah berbelanja. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden sebagai sampel penelitian. Data diproses menggunakan analisis jalur dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, tempat/distribusi, dan promosi masing-masing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan faktor harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai R2 sebesar  0,460 berarti bahwa variabel produk, harga, tempat/distribusi dan promosi menjelaskan kemampuan loyalitas pelanggan sebesar 46%, sedangkan sisanya 54% dari konstruk lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  Untuk langkah-langkah pemasaran yang  diterapkan  saat ini sudah tepat dan tidak bertentangan dengan syariat Islam

Keywords: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Loyalitas Pelanggan

References

Afifah, S. N., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Pada Konsumen Smartphone Oppo Di Aan Cell Kaliwungu Kendal). Jesya, 6(1), 147–155. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.890

Arianto, N., & Febrian. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457–464. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/20135
Arianty, N., Jasin, H., Nasution, P. L. K., & Christiana, I. (2016). Manajemen Pemasaran. In Medan: Perdana Publishing.
Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran syariah : teori, filosofi & isu-isu kontemporer. In Teks (Cetakan ke-1, pp. 95–99). Rajawali Pers.

Ayuni, D. M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail. Jurnal Manajemen & Bisnis Madani, 2(1), 18–34.

Damayanti, C., & Wahyono, W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3), 236–251.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna JasaTransportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/4941

Griffin, J. (2011). Customer Loyalty. Erlangga.

Handoko, B. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk) Tanjung Morawa. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 1–18.
Hasan, A. (2013). Manajemen Bisnis Syari’ah. Pustaka Pelajar.

Kamiluddin. (2020). Model Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(2), 174–190.

Kartasasmita, R., & Madiawati, P. N. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pengguna Oppo Smartphone. E-Proceeding of Management, 5(1), 932.

Kasmir. (2014). Kewirausahawan. PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson Education Limited.

Lovelock, H. C. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Indeks.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi (Ketiga). Salemba Empat.

Mahmood, R. (2014). Impact of Service Marketing Mixes on Customer Perception : a Study on Estern Bank Limited, Bangladesh. Europan Journal of Business and Management, 6(34).

Mahmud, A. (2022). Analisis Pengaruh Promosi Digital Dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 6(1), 258–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.921

Medan.tribunnews.com. (2021). 212-mart-di-medan-nyaris-bangkrut-tinggal-5-unit-lagi-yang-masih-beroperasi. https://medan.tribunnews.com/amp/2021/05/13/212-mart-di-medan-nyaris-bangkrut-tinggal-5-unit-lagi-yang-masih-beroperasi

Nasution, A. E., & Putri, L. P. (n.d.). Comparison Analysis Of Consumer Purchasing Decisions On Conventional And Syariah Mini Markets (Case Study on Alfamart and 212 Mart in Medan City).

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Astuti, R. (2022). Pemasaran Digital Terintegrasi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 162–176.

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, Muslih, & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(5), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052052

Peeters, J. B., K. (2014). Investigating Drivers of Bank Loyalty : The Complex Relationship Between Image, Service Quality and satisfaction. International Journal of Bank Marketing, 17(7), 652–670.

Reynaldi, G. H. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek ‘ Honda ’ Di Kota Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 375–401.

Rozalinda. (2017). Fikih Ekonomi Syariah. Rajawali Pers.

Sandy, S., & Sunargo, S. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Benteng Indo Bangunan. Jesya, 6(1), 128–135. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.887

Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang Rini Sugiarsih Duki Saputri. Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/1232

Saputro, H. D. (2013). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Pada Toko Bangunan Indah Kiat Gemilang Di Kudus (Vol. 1, Issue 3).

Sarjita. (2018). Pengaruh Pelayanan, Harga Dan Promositerhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Go-Jek Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 76–92. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/84/98

Sembiring, I. J., & Suharyono, S., & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10.

Siregar, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada UMKM. Jesya, 6(1), 1067–1073. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1111

Situmorang, R. R. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Suhendi, H. (2016). Fiqih Muamalah. Rajawali Pers.

Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. In Cetakan Ketiga. CAPS(Center Of Academic Publishing Service).

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Keempat). Andi Publisher.

Verma, Y., & Singh, M. R. P. (2017). Marketing mix, customer satisfaction and loyalty: An empirical study of Telecom Sector in Bhutan. Indian Journal of Commerce and Management Studies, 8(2), 121–129.

Wibloog.com. (2018). Daftar alamat minimarket 212 Mart di Kota Medan. https://www.wibloog.com/detail/150/222/11/Daftar-Alamat-Minimarket-212-MART-di-Kota-Medan
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-06-02
How to Cite
Nasution, A., Putri, L., & Astuti, R. (2023). PENERAPAN BAURAN PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF SYARIAH ISLAM. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(2), 2083-2096. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1251

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.