Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Dengan Metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital dan Islamic city Performance Index Periode 2016-2020

  • Ade Habsyah UIN Raden Fatah Palembang
  • Lidia Nursanti
  • Yuni Peliansi
  • Maya Panorama

Abstract

Abstrak

Dengan adanya perkembangan sektor perbankan yang sangat pesat, mendorong pihak perbankan untuk lebih meningkatkan tingkat kesehatan perbankan menjadi lebih baik sehingga potensi krisis perbankan dapat dihindari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah dan Bank BNI Syariah dengan metode RGEC danIslamicity Performance Index periode 2019 -2020.  Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dengan analisis dokumentasi dengan mengumpulkan data laporan keuangan triwulan dari dua bank syariah di Indonesia yaitu Bank Negara Indonesia Syariah dan Bank Rakyat Indonesia Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa secara keseluruhan berdasarkan metode RGEC dan “performance index”, kinerja PT. Bank BNI Syariah lebih baik dari PT. Bank BRI Syariah. Pada metode RGEC, BNI Syariah memiliki predikat sangat baik untuk rasio CAR, predikat baik untuk rasio NPF, FDR, GCG dan ROA, serta predikat cukup baik untuk rasio ROE. Sementara itu, BRI Syariah mendapatkan predikat sangat baik pada rasio CAR, predikat baik pada rasio FDR dan GCG, predikat cukup baik pada rasio ROA dan predikat buruk pada rasio ROE. Pada metode Islamic Performance Index, PSR lebih tinggi dari BRI Syariah, ZPR, EDR, dan Muslim Earnings lebih tinggi dari BNI Syariah. Dan Islamic Investment vs Non Islamic Investment sama-sama memiliki nilai yang sangat baik.

Keywords: Perbandingan Kinerja, RGEC, Islamicity Performance Index, PT. Bank BRI Syariah, PT. Bank BNI Syariah

References

Agritania, Adelin. Analisis Perbandingan Kinerja Keungan Bank Bri Syariah Dan Bank Bni Syariah Sebelum Dan Selama Terdampak Covid-19. Diss. Iain Ponorogo, 2021.
Amelia, Yanti. "Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Di Indonesia Yang Merger Dengan Menggunakan Metode Islamicity Performance Index Periode Tahun 2015-2019." (2022).
Aminsah, Qori. Analisis perbandingan tingkat kesehatan Bank BRI Syariah dan BNI Syariah dengan menggunakan metode RGEC. Diss. IAIN Padangsidimpuan, 2021.
Ayuningtias, Devi. "Analisis Tren Dan Perbandingan Rasio Profitabilitas, Likuiditas, Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif, Islamic Performance Index Pada Bank Bni Syariah Dan Bank Bri Syariah Periode 2012-2019." (2020).
Azhari, Athia Faqiha Salsabila. Analisis Komparatif Kinerja Bank Syariah Berdasarkan Metode RGEC Dan Islamicity Performance Index Periode 2016–2020 (Studi Kasus PT. Bank BRI Syariah Dan PT. Bank BNI Syariah). Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021.
Fahmil Ulum, Achmad. Analisis komparatif tingkat kesehatan bank antar bank umum syariah dengan menggunakan metode RGEC pada laporan keuangan triwulan pertama 2017. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Haqi, Muhammad Izzan. Islamicity Performance Index & Profitability: Studi Komparasi Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016–2020. BS thesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis uin jakarta.
Istan, Muhammad, and Muhammad Abdul Ghoni. "Tingkat Kesehatan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Dengan Metode RGEC." Jurnal Iqtisaduna 7.1 (2021): 40-50.
Mandasari, Jayanti. "Analisis Kinerja KeuangandenganPendekatanMetode RGEC pada Bank BUMN Periode 2012-2013." JurnalAdministrasiBisnis 3.2 (2015): 363-374.
Nurwijayanti, Maya, and Lukman Santoso. "Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan MenggunakanMetode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital) Pada BNI Syariah Tahun 2014-2017." El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 1.2 (2018): 207-233.
Rahayu, Dwi Yuliana, TutiKurniati, and Sri Wahyuni. "Analisa Pengaruh Intellectual Capital, IslamicityPerformance Index dan Corporate Social Responsibility TerhadapProfitabilitas Bank Umum Syariah 2014-2018." Kompartemen: JurnalIlmiahAkuntansi 18.2 (2020).
Ramadhani, Asri Tesi. "Pengukuran Kinerja Keuangan Bank Syariah (Pt Bri Syariah Tbk, Pt Bni Syriah, Dan Pt Bank Syariah Mandiri) Dengan Menggunakan Metode Rgec Dan Shariah Conformity And Profitability (Scnp) Model." (2021).
Samanto, Hadi, and Nurul Hidayah. "AnalisisPenilaian Tingkat Kesehatan Bank dengan Metode RGEC Pada PT Bank BRI Syariah (Persero) 2013-2018." JurnalIlmiah Ekonomi Islam 6.3 (2020): 709-715.
RIDUAN, H. "ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH MANDIRI, BANK PANIN DUBAI SYARIAH DAN MAYBANK SYARIAH MENGGUNAKAN METODE RGEC DAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX PERIODE 2016–2018."
Siahaan, HasnaHidayah. Analisis Kinerja Bank BCA Syariah BerdasarkanMetode RGEC Dan Islamicity Performance Index. Diss. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021.
Sugari, Bella Puspita, Bambang Sunarko, and YayatGiyatno. "AnalisisPerbandingan Tingkat Kesehatan Bank Syariah dan Konvensional Dengan Menggunakan Metode RGEC (Risk Profile,Good Corporate Governance, Earnings, dan Capital)." Sustainable Competitive Advantage (SCA) 5.1 (2015).
Umiyati, Umiyati, and Queenindya Permata Faly. "Pengukurankinerja bank syariah Dengan metode RGEC." JurnalAkuntansi dan Keuangan Islam 3.2 (2015): 185 201.
Wahasusmiah, Rolia, and KhoiriyyahRahmaWatie. "Metode RGEC: Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Pada Perusahaan Perbankan Syariah." I-Finance: a Research Journal on Islamic Finance 4.2 (2018).
Yusnita, Raja Ria. "Analisiskinerja bank umum syariah dengan menggunakan pendekatan islamicity performance index periodetahun 2012-2016." JurnalTabarru': Islamic Banking and Finance 2.1 (2019): 12-25.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.