PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI

(Studi pada Karyawan Perusahaan Manufaktur di Karawang)

  • Devi Yuliani Universitas Stikubank Semarang
  • Suhana Suhana Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan keadilan organisasi terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang berada di Karawang, Jawa Barat. Penelitian menggunakan 85 responden yang merupakan karyawan perusahaan manufaktur di Karawang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode quota sampling. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji model, dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dan keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini memiliki implikasi teoritis dan praktis.

Keywords: Kepemimpinan , Keadilan Organisasi dan Komitmen Organisasi

References

Basam Samir A.H Al-Romeedy (2017). Pengaruh Keadilan Organisasi pada Komitmen Organisasi di Agen Perjalanan Mesir Dari Perspektif Karyawan. Journal of Tourism and Hospitalily Riset. Edisi 1.

Cilek .A. (2019), Pengaruh Kepimpinan Terhadap Komitmen Organisasi : Sebuah Meta Analisis. Jurnal Pendidikan Siprus. Vol. 14, Edisi 4.

Dwi C Putra Aditya (2019). Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Keadilan Organisasi dalam Organisasi Komitmen dan Kontrak Kinerja Pegawai di Rumah Sakit Swasta. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 16, No. 3.

Djum D. Noor B, I. Gunawan, Eri D Kusumaningrum, Raden B Sumarsono, D Novita S, Firda D Pratiwi, Sari O Ningsih, Lim K Hui (2020). Validitas Dan Reliabilitas Angket Gaya Kepemimpinan Mahasiswa. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Volume 3 No. 3 Hal 265.

Eko .Y. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Balai Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Vol.1 No.2. Hal 73-75.

Feby K. Putri (2015). PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN TOKO BUKU URANUS. AGORA, Vol. 3 No. 2. Hal 248-249.

Haris .K. (2015). KEADILAN ORGANISASIONAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KINERJA KARYAWAN. JMK, VOL. 17 No. 1. Hal 90-91.

Hidayat .R. (2013), Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Pada Industri Perbankan. Makara Seri Sosial Humaniora. Vol. 17, No.1.

I Made A. Wibawa dan I Dewa Nyoman Hutagalung (2018). PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 7, No. 1.

Indhira .P. (2013). ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi. Hal 73-75.

Kradag .E., Z. Ztekin .B. dan Sabilah .D. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal..

M. Yavuz (2010), Pengaruh persepsi guru tentang keadilan organisasi dan budaya pada komitmen organisasi. Jurnal Manajemen Bisnis Afrika. Vol. 4, No.5.

Mehmet S.G dan Bűsra K. (2016). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan terhadap Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja: Penelitian Sektor Publik. Vol. 5, Edisi 2.

Muhammad A. Karim, Alaa S. JAMEEL dan Abd R. Ahmad (2019). Dampak Dimensi Keadilan Organisasi terhadap Komitmen Organisasi antar Karyawan Bank. Jurnal Internasional Rehabilitasi Psikososial. Vol. 23, Edisi 02.

Numaladita dan Lucky W (2015), Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Pada Karyawan Bank BNI Kantor Cabang Utama Margonda, Depok, Jawa Barat. Jurnal. Seminar Nasional Cendekiawan.

Priehadi D. Eka (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Komitmen Organisasi Pada PT. Indo Perkasa Indonesia di Tangerang. Vol. 1, Edisi 2.

Prof. Dr. Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-26. Penerbit Alfabeta, Bandung. hal 85-147.

Ririn .A. (2015). PENGARUH MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA. Jurnal MAKSIPRENEUR, Vol. IV No. 2. Hal 41-42.

Soeprayitno dan P. Yuni R. PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN (Knowledge Management ) TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN. Jurnal.

T. Bahar, Mithat.T. ,Iter .H. dan Onur .K. (2015). Pengaruh Persepsi Kepemimpinan dan Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi: Penelitian di Perguruan Tinggi Negeri. Tinjauan Internasional Manajemen dan Pemasaran. Vol. 5, No.3.

T. Yuwono, D. Novitasari, M. Asbari, dan M. Rizky W (2020), Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi : Mediasi Peran Intrinsik dan Ekstrinsik Kepuasan. Jurnal Internasional Studi Sains dan Manajemen (IJSMS). Vol. 3, Edisi 3.

Zulkifli dan P. Italia (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Terhadap Komitmen Organisasi Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian Kabupaten Pidie. Jilid 3, No 3.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.