Analisis Strategi Digital Marketing Usaha Mie Menurut Perspektif Ekonomi Islam

  • Tati Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Pusporini Pusporini Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anggi Angga Resti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan masyarkat saat ini, hal tersebut dikarenakan kemajuan teknologi akan berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Memasuki era digitalisasi dengan kemajuan platform digital memiliki peran penting dalam proses bisnis salah satunya ialah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Bagi UMKM digitalisasi merupakan sebuah tantangan besar yang dimana struktur, pengelolaan, produksi, pemasaran dan transaksi yang pada awal mula secara manual kini bertransformasi menjadi digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi digital marketing Usaha Mie menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi digital marketing Usaha Mie, dilakukan dengan memberikan konten media sosial berupa pemasaran melalui Instagram,WhatsApp dan juga marketplace serta terdapat beberapa usaha mie yang menerapkan strategi pemberian giveaway melalui media sosial. Berdasarkan perspektif ekonomi Islam, pemasaran yang dijalankan telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang menggariskan prinsip dan akhlak pemasaran Islam dalam menjalankan usahanya.

Keywords: Ekonomi Islam, Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Arkhiansyah, M. T. B. (2021). Penerapan Digital Marketing Melalui Sosial Media Saat Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Pemasaran Syariah Di Grosir Bang Iyuz.

Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM Dan Digital Sosial Media. Deepublish Publisher.

Basri, S., Sanim, B., & Beik, I. S. (2018). Metode Pengajaran Ekonomi Syariah Berdasarkan Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 275-280. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dibuna, 7(2), 173–193.

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital. Celebes Media Perkasa.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gunawati, U., & Sudarwati, W. (2017). Analisis Studi Kelayakan Usaha Bisnis Cassava Chips Di Perumahan Mardani Raya. JURNAL Integrasi Sistem Industri, 4(1), 35–34.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2). https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance Denganintellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112

Priyatno, P. D., Handayani, T., & Yetty, F. (2022). Buku Ajar Etika Bisnis Dalam Perspeektif Islam. Deepublish Publisher.

Purwaningsih, R. D. (2019). Pengaruh Etika Kerja Islam, Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Loyalitas Karyawan di KSPPS BMT Al-Fataa Ulujami. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

Puspitasari, N. P. D., Nabillah, A. D., Bahari, R., Damar, N., Caksono, & Mustika. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352

Robiah, F. (2017). Marketing Hebat Ala Rasulullah. Tinta Medina.

Saifuddin, M. (2020). trategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya). Jurnal Bisnis Dan Teknologi, 7(1), 16–20.

Sandi, F. (2020). Baru 13% UMKM di RI yang Melek Digital. Cnbcindonesia.Com.
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200629190231-4-168897/baru-13-umkm-di-ri-yang-melek-digital
SMESCO Indonesia. (2021). Meroketnya Ekonomi Digital Indonesia. Smesco.Go.Id. https://smesco.go.id/berita/meroketnya-ekonomi-digital-indonesia

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d (Ed 22). Alfabeta.
Sulastri. (2021). Bentuk Adaptasi Pelaku Usaha Kuliner di Era Digital. Digitalbisa.Id. https://www.digitalbisa.id/digitalbisa-platform/public/artikel/bentuk-adaptasi-pelaku-usaha-kuliner-di-era-digital-7P5lp

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Ed 4). Kencana.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.