Pengaruh Digital Marketing Dan Inovasi Produk Terhadap Pendapatan

  • Adella Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Arif Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Dalam memasarkan suatu produk agar mencapai target sesuai tujuan dari sebuah perusahaan maka diperlukan adanya strategi marketing yang tepat sasaran. Dalam prosesnya suatu produk harus tetap melakukan inovasi agar hal tersebut sejalan dengan arah daripada media pemasaran yang akan digunakan oleh suatu perusahaan. Digital marketing adalah suatu media pemasaran yang banyak digunakan oleh suatu perusahaan ataupun UMKM yang ada. baik dari usaha mikro dan makro digital marketing dianggap sebagai salah satu strategi yang dapat menghantarkan produk sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dengan terciptanya sebuah alur pemasaran yang baik dan inovasi dari segi produk yang selalu diperhatikan maka secara otomatis hal tersebut meningkatkan laba yang ada pada perusahaan sehingga pendapatan dapat dikatakan meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh digital marketing dan inovasi produk terhadap pendapatan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Objek atau sasaran penelitian ini adalah konsumen dari Vina Bake and Cake Medan Helvetia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing dan inovasi produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap pendapatan.

Keywords: Digital Marketing, Inovasi Produk, Pendapatan

References

Ani, L. N. (2020). Pengaruh inovasi produk, kreativitas produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing (studi kasus pada kerajinan tikar eceng gondok” liar.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(02), 184–194. https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Arfan, N. N. (2019). Pengaruh digital marketing terhadap pendapatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kota Makassar. Tesis. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/14756-Full_Text.pdf

Curatman, A. (2016). Analisis faktor-faktor pengaruh inovasi produk yang berdampak pada keunggulan bersaing UKM makanan dan minuman di wilayah harjamukti kota Cirebon. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 61–75.
Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/view/263

Fathoni Nasrulloh, M. (2020). nalisis strategi dampak penggunaan digital marketing produk umkm terhadap peningkatan pendapatan di umkm (studi kasus UMKM toko sepeda fixie nosabike dukuh gedungkiwo mantrijeron 1 Yogyakarta). Universitas Alma Ata Yogyakarta. http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/2046

Fradana, E. A. (2021). Pengaruh digital marketing, strategi kreatif, kualitas produksi dan distribusi terhadap volume penjualan (studi empiris dilakukan pada kantor starcross clothing Yogyakarta). STIE YKPN. http://repository.stieykpn.ac.id/1373/

Ghozali, I. (2013). Structural equation modeling metode alternatif dengan partial least square. Badan Penerbit Univeritas Diponegoro, 244.

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan internet marketing dalam meningkatkan pendapatan pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39–45. http://dx.doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacaP. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50–61. https://doi.org/10.36914/jak.v4i1.189

Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1–83.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Kumalasari, E. N., & Sugiarto, Y. (2016). Analisis pengaruh inovasi produk dan kewirausahaan terhadap strategi pemasaran dalam membangun kinerja pemasaran (studi pada pengrajin kayu jati di Blora). Diponegoro Journal of Management, 300–312. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13468

Kurniasari, R. D. (2018). Pengaruh inovasi produk, kreativitas produk, dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing (studi kasus pada kerajinan enceng gondok “AKAR.” Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(5), 467–477. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jmbi/article/view/13256

Malangkucecwara, H. M. S., & Malang, D. A. P. S. M. (2019). Inovasi produk pemanfaatan limbah kulit pisang untuk meningkatkan pendapatan. https://doi.org/10.37303/peduli.v3i1.140

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu. (2022). Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/zuradhis/63215d2c88041304c6102092/penerapan-digital-marketing-sebagai-strategi-pemasaran

Pramelia, N., & Erawati, T. (2022). E-commerce, inovasi, pricing, dan pendapatan UMKM di masa pandemi covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1429–1444.
https://scholar.archive.org/work/shswrweoubc4detsr6xerwwhni/access/wayback/https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/download/1144/1016

Sadiyah, S. I. (2019). Pengaruh inovasi produk, kualitas layanan, pendapatan dan persepsi terhadap minat nasabah pada pembiayaan murabahah. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4917/

Santoso, R. (2020). Review of digital marketing & business sustainability of e-commerce during pandemic covid19 in Indonesia. JIET (Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan), 5(2), 36–48. https://www.e-journal.unair.ac.id/JIET/article/download/23614/12950

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). digital marketing sebagai strategi pemasaran umkm makaroni bajak laut kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Sidi, A. P., & Yogatama, A. N. (2019). Mediasi intellectual capital atas pengaruh digital marketing terhadap kinerja pemasaran. Iqtishoduna, 15(2), 129–152. https://doi.org/10.18860/iq.v15i2.7592

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Suharto, A., & Suhendri, S. (2022). Peran UMKM pembuatan makanan ringan dan inovasi produk terhadap penambahan pendapatan ekonomi masyarakat di kota Tangerang. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/7513

Susanti, A., Khoiro, A. N., Solikhah, A., Oktavia, B., & Nuraini, U. (2021). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran produk milkshake dan ice cream “SOJ” Suwe Ora Jamu. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 1(5). http://conference.um.ac.id/index.php/nsafe/article/view/1040

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337. https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Wardhana/publication/327069950

Wulandari, A. K. L. (2022). Pengaruh pendidikan, e-commerce dan inovasi produk terhadap pendapatan umkm kuliner di kecamatan negara. Universitas Pendidikan Ganesha. https://repo.undiksha.ac.id/9748/
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.