Peran Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM dalam Meningkatkan Volume Penjualan

  • Nurasmi Haeruddin Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Altri Wahida Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rian Maming Universitas Muhammadiyah Palopo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai bagaimana peran Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM dalam meningkatkan Volume Penjualan. Objek dari penelitian ini adalah para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Belopa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kuesioner, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (random sampling) menggunakan teknik sampling acak sederhana (simple random sampling). Kuesioner digunakan sebagai alat pengumpulan data, data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang selanjutnya dikumpulkan, diperiksa, dan temuan disajikan secara deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan variabel independent Media Sosial dan E-Commerce terhadap variabel dependent Peningkatan Volume Penjualan.

Keywords: Media Sosial, E-Commerce, Volume Penjualan

References

Afiyah, S. (2021). Analysis of The Use Social Media in The Development of Micro, Small and Medium Enterprises. Multidiscipline International Conference, 48(1), 18–21. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/ICMT/article/view/2170
Al-azzam, A. F., & Al-mizeed, K. (2021). The Effect of Digital Marketing on Purchasing Decisions : A Case Study in Jordan. The Journal of Asian Finance …, 8(5), 455–463. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no5.0455
Bisnis, B. (2017). Pengaruh Media …..( Indah H). 03(01), 41–52. www.antaranews.com:
Buyanov, A. (2018). Sosial Media Marketing. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(11), 11–38.
Destianah, L., Kunci, K., Sosial Media, P., Pemasaran, S., & Perekonomian UMKM, P. (2021). Capability in Utilizing Social Media as a Promotion Strategy for Increasing the UMKM Economy Kapabilitas dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Peningkatan Perekonomian UMKM. 3(1), 19–26. https://doi.org/https://doi.org/10.51486/jbo.v3i1.17
Dewiyan, A. (2021). Pengaruh E-Commerce dan Promosi Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pembelian Produk Salep BL. Universitas MUhammadiyah Sumatera Utara, 1, 1–14.
Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(2), 167–185. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i2.10626
Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., & Rini, S. (2020). Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–48. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1036
Halim, F., & Sudirman, A. (2020). Jurnal Manajemen dan Bisnis THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN INCREASING MARKET SHARE OF MSME. 9(2), 61–72. https://doi.org/https://doi.org/10.34006/jmbi.v9i2.206
Islami, N. N., Wahyuni, S., & Puji, R. P. N. (2021). Digital Literation of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Jember District. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1), 1–11. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012097
Jaya, U. A., & Raya, A. N. (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Media Sosial Terhadap Penjualan Umkm Di Era Pandemi (Studi Kasus Desa Cibolang). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 729–738.
Kristanti, A. (2021). Pengaruh modal kerja dan penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan otomotif yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya Vol. 1, No. 1, Januari 2021, 1(1), 31–46.
Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227–238. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12455
Muafi, M. (2020). A nexus among strategic orientation, social network, knowledge sharing, organizational innovation, and MSMEs performance. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 17(6), 327–338. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no6.327
Nurfajri, Abdul Hamid, & Rifyal Dahlawy Chalil. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Studi Kasus Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 111–123. https://doi.org/10.32505/jim.v3i2.3479
Piarna, R., & Fathurohman, F. (2019). Adopsi E-Commerce Pada Umkm Di Kota Subang Menggunakan Model Utaut. Jurnal Ilmiah Ilmu Dan Teknologi Rekayasa, 2(1). https://doi.org/10.31962/jiitr.v2i1.13
Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Jurnal BUDIMAS, 4(1), 1–12.
Wibawa, B. M., Baihaqi, I., Nareswari, N., Mardhotillah, R. R., & Pramesti, F. (2022). UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA AND ITS IMPACT ON MARKETING PERFORMANCE: A CASE STUDY OF SMEs IN INDONESIA. International Journal of Business and Society, 23(1), 19–34. https://doi.org/10.33736/ijbs.4596.2022
Yarlina, V. P., & Hunda, S. (2021). Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal Umkm Dan Industri Rumah Tangga Melalui Media Sosial Dan E-Commerce. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3465–3475.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.