Minat Menggunakan E-Wallet Dana Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Medan

  • Puja Kesuma UINSU
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk, kepercayaan dan fitur layanan terhadap minat menggunakan e-wallet Dana pada kalangan Mahasiswa-mahasiswi di kota Medan. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa-mahasiswi di kota Medan yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pengetahuan produk, kepercayaan dan fitur layanan dan variabel terikat yaitu minat menggunakan e-wallet Dana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk, kepercayaan dan fitur layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-wallet Dana secara simultan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat, dan fitur layanan berpengaruh signifikan minat.

Keywords: Pengetahuan produk, Kepercayaan, Fitur layanan, Minat.

References

Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.
Al Hawasyi, M. M. H., Sunaryo, H., & ABS, M. K. (2019). Pengaruh Employee Engagement Dan Quality of Work Life. Jurnal Riset Manajemen, 1–10.
Gubenur Bank Indonesia. (2016). PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 18/40/PBI/2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PEMROSESAN TRANSAKSI PEMBAYARAN.
Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Minat Membeli Secara Online pada Pengunjung Website.
Journal of Business Management and Education, 1(1), 181–193.
Limbong, A. E. D., & Magnadi, R. H. (2017). Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen Terhadap Merek Aplikasi Pesan Instan Whatsapp dan Line Berdasarkan Citra Merek, Fitur, Desain, dan Kelompok Acuan. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6, 1–14.
Masyhuri, Teori Ekonomi Dalam Islam, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2005.
Mowen, J. C., Minor, M., & Yahya, D. K. (2002). Manajemen Pemasaran (5th ed.). Erlangga. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Prameswari, A., Hsb, D. N., & Bayani, L. Nurbaiti. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa UINSU Medan Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran E- Wallet. 4, 60–70.
Schneider, G. P. (2011). E-Business. Course Technology.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press. Simamora, H. (2013). Paduan Perilaku Konsumen. Gramedia.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (1st ed.). Ghalia Indonesia.
Supangkat, A. H., & Supriyatin, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas di Intako. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1– 19.
Wulan, I.D &, Nurul Jannah. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM).
2(2), 1487–1499.
     Plum Analytic Metrics

Published
2023-01-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.